Purna Pasko Yapsi Al Amir maksimalkan latihan pasukan pengibar bendera sekolah (Pasko) menjelang peringatan kemerdekaan 17 Agustus 1945.

"Latihan Paskibra sudah dilakukan sejak 1 Agustus dan berakhir 15 Agustus 2017. Hasilnya diharapkan sudah maksimal," kata Ketua Purna Pasko Yapsi Al Amir Puput Putiyanah (Kelas XII), Senin, 10 Agustus 2017

Menurut dia, latihan yang dilakukan selama ini sekaligus membentuk jiwa dan semangat nasionalisme siswa, sehingga tidak sekedar mendapatkan keterampilan baris-berbaris saja.

Hal senada Juga dikemukakan Pembina Paskibra Sekolah SMKI Yapsi Al Amir Hujen.

Hujen mengatakan, latihan yang dilakukan kurang lebih setengah sebulan itu dengan melibatkan sekitar 25 orang siswa dari perwakilan semua kelas, memberikan pendidikan kedisiplinan dan kebersamaan.

"Selain pembina mengajarkan kami keterampilan baris-berbaris, juga memupuk rasa kebersamaan, solidaritas dan yang terpenting adalah menumbuhkan nasionalisme," katanya.

Hal itu diakui penting, mengingat pengarus modernisasi dan globalisasi telah mempengaruhi kehidupan generasi muda, sehingga semangat nasionalisme di kalangan generasi muda sedikit demi sedikit terkikis.

Dengan adanya gemblengan semangat nasionalime pada latihan Paskibra Sekolah itu, lanjut dia, peserta Paskibra Sekolah bersyukur karena mendapatkan pengalaman baru dan juga penyegaran untuk menumbuhkan semangat nasionalisme.[Depkominfo OSIS SMKI Yapsi Al Amir]